Thursday 20 August 2009

Menonaktifkan Autorun di windows


Setelah ngomong masalah data yang di sembunyikan oleh virus (http://nusantara-cafe.blogspot.com/2009/08/hidden-tools.html), kita akan bahas tentang penanggulangan virus. Pepatah mengatakan "sedia duit sebelum hujan"....hehhehe....(soalnya duitnya dipakek buat beli payung). jadi kita harus prepare ato jaga2 sebelum sang virus menggrogoti kompi kita. Virus tidak akan jalan ato menginfeksi kompi kita jika virus tidak dijalankan (tidak di klik). Bagi orang awam, masih banyak yang mencoba2 meng-klik file yang jelas2 bukan miliknya, tapi bagi yang sudah familier dengan kompi pasti tau yang mana virus. Sehingga para pembuat virus mengupdate virusnya dengan mendomplengkan virusnya ke file Autorun yang ada di flashdisk ato CD. File autorun ini memang sudah ada dari sononya sehingga meski dihapus, pasti akan ada lagi.

Trus apa yg bisa dilakukan untuk menanggulangi itu, ya harus menonaktifkan perintah membaca file Autorun itu. caranya......??

* Pertama buka run (startmenu + run) akan muncul gambar dibawah

* Lalu ketik gpedit.msc trus enter, akan kluar form

* Setelah muncul form diatas, klik system. Disebelah kanan akan muncul turn off Autorun(lingkaran merah), klik double trus akan muncul


* Kemudian di enable kan dan drive nya diganti dengan All drives (lingkaran merah). lalu klik OK
* Lakukan hal yang sama pada user configuration..

dijamin autorun smua drive yang baru di colokkan di kompi anda tidak akan jalan dan Virus yang dompleng di Autorun otomatis tidak akan menginfeksi kompi anda kecuali klo file virusnya anda klik...:-)

Selamat mencoba... :-)


No comments:

Post a Comment